Pages

Jaringan Tumbuhan

JARINGAN TUMBUHAN


PHOTOSYNTHESIS

Masih ingat kan?...tumbuhan itu di alam peranannya sebagai PRODUSEN. Yakni memproduksi zat makanan dari unsur-unsur kimia yang ada di alam. Nah, ada zat makanan yang di dalamnya juga terkandung energi yaitu karbohidrat. Energinya dari mana? Dari matahari dunx... Karbohidrat itu dibuat oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis. Ternyata karbohidrat ini terbuat dari karbondioksida (CO2) dan air (H2O) melalui reaksi kimia yang terjadi pada klorofil dengan bantuan cahaya matahari akhirnya menjadi karbohidrat (C6H12O6) dan oksigen (O2).


 ANATOMI DAUN


Daun bisa terlihat seperti pada gambar di samping ini apabila dilihat dengan mikroskop. Pada daun banyak terdapat chlorophyl("zat hijau daun") dengan zat ini tumbuhan melakukanphotosynthesis.

Daun terdiri atas 4 lapis. Jaringan epidermis atas dan bawah
 (lapis no. 1), jaringan tiang (lapis no. 2), dan jaringan spons (lapis no. 3). Pada daun jg terdapat tulang daun (no. 5) yang mengandung jaringan pembuluh xylem dan phloem (no. 6 & 7).
Yang paling banyak mengandung chlorophyl adalah pada lapisan jaringan tiang. Maka dari itu kalau kamu perhatikan daun itu permukaan atas warnanya berbeda dengan permukaan bawah,lebih tua yang atas. Betul nggak?

Kemudian di lapisan epidermis itu ada yang
 bolong-bolong yah? Itu namanya stomata (mulut daun), gunanya untuk keluar-masuknya udara dan uap air
ANATOMI BATANG


Pada penampang lintang terdapat perbedaan yang jelas antara batang
dikotil danmonokotil. Yakni pada berkas pembuluh (vascular bundle) yang berisi xylem dan phloem.

Pada tanaman dikotil berkas pembuluh teratur melingkar, di mana
 xylemterletak di lapisan kayu sedangkan phloem terletak di lapisan kulit.

Pada tanaman monokotil, berkas pembuluh bertebaran secara tidak teratur di semua bagian batang. Kebanyakan tanaman monokotil tidak mempunyai kayu.


Pada gambar yang atas itu adalah batang dikotil. Di sana ditunjukkan adanya
 kambium. Kambium inilah yang membatasi lapisan kulit dan lapisan kayu.

Sebenarnya kambium itu adalah sel-sel yang masih muda (calon sel) yang nantinya akan menjadi sel. Nah, pada kambium inilah batang tumbuh membesar.

ANATOMI AKAR


Di samping ini gambar penampang lintang dan membujur akar tanaman
 Dikotil(tanaman biji berkeping dua). Perhatikan baik-baik apa sebenarnya bulu akar (root hair). Bulu akar sebenarnya merupakan perubahan bentuk dari sel epidermis, dengan bentuk seperti itu permukaan sel epidermis menjadi luas. Dengan demikian penyerapan air akan lebih banyak. Perhatikan pula letak xylem dan phloem.

Tahu nggak apa itu
 xylem dan phloem? Xylem itu pembuluh yang membawa air dan mineral dari akar menuju ke daun. Sedangkanphloem adalah pembuluh yang membawa zat makanan dari daun menuju bagian tanaman yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada postingan ini :D
makasih ‎​(˘⌣˘)ε˘`)