Pages

Lima Cara Membangun Kembali Kepercayaan yang Hancur

Apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan kembali?

1. Kejujuran bisa membantu, tapi tidak sepenuhnya jujur
Penyangkalan hanya akan berujung pada semakin besar ketidakpercayaan, jadi kejujuran harus diikuti dengan kesediaan untuk bertanggungjawab. Namun kejujuran yang terlalu mendetail kadang hanya akan menyakiti jauh lebih dalam dan menambah luka, dan setelah itu adalah proses penyembuhan. Pasangan bisa menghabiskan banyak waktu untuk membahas mengenai bagaimana memperbaiki kepercayaan yang hilang.

2. Menjadi defensif, merasa benar atau santai terhadap masalah tidak akan berhasil
Harus ada usaha yang tulus untuk memperbaiki masalah tersebut, atau masalah tersebut tidak akan pernah selesai. Semakin Anda marah, semakin Anda tidak akan bisa mendengar apa yang akan dikatakan oleh pihak yang terluka, dan semakin menghancurkan perasaan mereka.

3. Katakan apa yang membuat Anda melakukannya
Bercerita mengenai masalah Anda, perasaan ingin dibantu, dan kesadaran mengenai apa yang membuat Anda melakukan itu akan mencegah masalah lebih lanjut. Jika ada masalah kecanduan seks, Anda bisa menghadiri seminar masalah seks atau berkonsultasi dengan konselor. Membicarakan mengenai masalah kesepian Anda adalah cara terbaik untuk kembali terhubung.

4. Terbukalah
Itu artinya membuka telepon seluler, email, dan jadwal pertemuan Anda selama beberapa waktu. Hal itu akan sangat sulit, karena orang yang hidup dengan banyak rahasia tidak akan menyukai hal itu. Mereka sangat ingin privasi, merasa benar, dan marah. Saat ini Anda harus menanyakan diri Anda sendiri, mana yang lebih penting, privasi atau hubungan Anda? Itulah yang harus Anda hadapi.

5. Perbaharui sumpah Anda

Apakah menikah atau tidak, sangat penting untuk membahas mengenai menjalani hidup dan yang ada di dalamnya. Hal itu adalah yang menjadi penting dalam prosesnya. Bicarakan apa yang Anda inginkan, dan apa yang menyebabkan kekacauan, dan apa yang harus dilakukan untuk melangkah maju. Tuliskan semua dan buatlah sebuah upcara. Undanglah teman dan keluarga. Katakan pada dunia apa yang ingin Anda lakukan dan bersungguh-sungguhlah.

Bagi Laurie dan Frank, semua sudah terlambat. Frank sudah kelewatan, terlalu banyak hal yang sudah dirusaknya. Jika saja mereka membicarakan hal itu sebelumnya, mungkin saja akan ada kesempatan, tapi sudah terlalu banyak masalah dalam hubungan mereka. Sepertinya Frank telah belajar banyak hal mengenai hidup dengan orang lain, dan bagaimana dia menginginkannya. Bagi Laurie, lukanya sudah terlalu dalam dan butuh waktu baginya untuk bisa percaya orang lagi. Sepatah kata bagi orang di luar sana yang mengangapnya aneh: Ada banyak orang di luar sana yang terluka karena ketidakjujuran.

Ada banyak halangan dalam proses yang rumit dan menyeramkan tersebut. Jika tidak dilakukan dengan benar hal itu akan membakar hubungan Anda dan yang tersisa hanya abu penyesalan. Jika Anda dapat melihat mengembalikan kepercayaan sebagai sebuah proses pembelajaran yang akan membawa lebih banyak keintiman dan cinta maka lakukanlah. Jika tidak, buatlah rencana baru.